Headlines News :
Home » , , » Kemarau, 3 Desa di Mojogedang Mulai Kekurangan Air

Kemarau, 3 Desa di Mojogedang Mulai Kekurangan Air

Written By Unknown on Wednesday 16 July 2014 | 00:47

Karanganyar –  Tiga desa di Kecamatan Mojogedang, Karanganyar mulai kekurangan pasokan air untuk pengairan sawah. Ketiga desa itu, yakni Buntar, Karangmojo dan Kedungjeruk.
Camat Mojogedang, Yopi Eko Jati Wibowo, mengatakan kekurangan pasokan air di Karangmojo dan Kedungjeruk belum begitu mengkhawatirkan. Namun untuk Desa Buntar sudah perlu diwaspadai.
“Khusus Karangmojo dan Kedungjeruk masih agak mendingan, namun Desa Buntar sudah siaga satu. Petani dengan luas lahan hampir sebelas hektar mulai resah. Jika dalam minggu-minggu ini tidak turun hujan, dipastikan pasokan air akan habis,” katanya saat dihubungi wartawan, Selasa (17/6).
Ketiga desa itu selama ini memang termasuk desa dengan lahan tadah hujan. Begitu masuk musim kemarau, hampir pasti petani resah. Apalagi kemarau tahun ini diprediksi sangat ekstrim. “Kondisi itu ditambah dengan kondisi saluran irigasi yang rusak tidak terawat. Selain hancur talutnya, juga tumbuh rumput di saluran, sehingga tertutup semak-semak dan rumput liar,” jelas Yopi Eko Jati Wibowo.
Sejauh ini petani sudah mengajukan permohonan agar dapat bantuan pompa. Sebab satu-satunya cara mendapat pasokan air, yakni dengan memompa dalam tanah untuk mengairi sawah mereka.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Karanganyar, Siti Maisyaroch mengatakan, sudah banyak menerima permohonan bantuan pompanisasi serta pembuatan sumur dalam untuk pertanian.
‘’Daerah yang paling banyak mengalami kekeringan adalah empat J, yakni Jumantono, Jatipuro, Jatiyoso dan Jumapolo. Permohonan pompanisasi sudah puluhan dan ancaman gagal panen sangat besar,” ungkap dia.
Pihaknya saat ini tengah menyeleksi bantuan, mengingat jumlahnya terbatas. Pompanisasi hanya ada belasan saja, sementara bantuan pembuatan sumur yang ada hanya untuk sumur dengan kedalaman 30 hingga 50 meter.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Radio Streaming

KUNJUNGI RADIO
Klik disini

Berita Video

Sambung Rasa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SEPUTAR MOJOGEDANG - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya