Headlines News :
Home » , » Ndeso Buah Manjakan Pecinta Durian

Ndeso Buah Manjakan Pecinta Durian

Written By Unknown on Wednesday 16 July 2014 | 00:34

KARANGANYAR (KRjogja.com) - Bagi pecinta buah durian, salah satu tempat yang bisa dijadikan referensi adalah kebun Ndeso Buah di Dusun Tepus, Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar. Apalagi menjelang musim durian yang sebentar lagi datang, pecinta durian bisa memanen sendiri buah durian di kebun yang dikembangkan salah satu petani setempat ini.
Adalah Johan Ariyono, petani setempat yang mengembangkan varitas durian ukuran jumbo jenis montong dan kani. Durian asal Bangkok Thailand yang ditanam di kebun tersebut bisa berukuran hingga 13 kilogram setiap buahnya. Keunggulan di kebun ini, selain menikmati durian yang rasanya tidak kalah dengan durian lokal, pembeli juga bisa memetik sendiri durian dari pohonnya langsung.
Pembeli yang datang pun seolah dimanjakan menikmati wisata durian dengan mengitari kebun seluas dua hektare (Ha). Ndeso Buah mengembangkan tidak kurang 100 tanaman pohon durian dari berbagai jenis. Namun jenis yang paling mendominasi adalah durian jenis montong dan kani.
Durian dengan ukuran hampir tiga kali lipat durian biasa banyak ditemui di kebun tersebut. Pelanggan yang datang bisa memilih durian mana yang akan dibeli dengan harga jual untuk jenis montong Rp 24.000 per kilogram dan durian kani Rp 18.000 per kilogram.
Pemilik Ndeso Buah, Johan Ariyono kepada wartawan Minggu (01/01/2013) mengatakan, pelanggan yang akan datang sebaiknya telepon dulu untuk memastikan apakah buah duriannya sudah matang atau belum. Johan tidak ingin pelanggan yang datang jauh-jauh dari luar kota nantinya kecele karena saat datang, tidak ada durian yang matang. “Kalau pelanggan yang sudah biasa datang, selalu telepon dulu untuk memastikan sudah ada durian yang matang atau belum," ujarnya.
Menurut Johan, dari setiap pohon yang ditanamnya, bisa menghasilkan antara 20-40 buah dengan rata-rata berat per buah durian montong 5 kg. Bahkan ada juga yang yang mencapai 13 kg. Sedangkan untuk durian kani rata-rata berat per buah 4-5 kg. "Kondisi buah durian cukup bagus. Bahkan kami perkirakan sampai masa panen akhir Januari nanti mampu dipetik hingga seratus persen. Kondisi ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mampu panen sekitar 20 persen," jelasnya. (Sam)

Sumber : Kedaulatan Rakyat
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Radio Streaming

KUNJUNGI RADIO
Klik disini

Berita Video

Sambung Rasa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SEPUTAR MOJOGEDANG - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya