Headlines News :
Home » , , , » Jalan Terbelah di Mojogedang Sering Makan Korban

Jalan Terbelah di Mojogedang Sering Makan Korban

Written By Unknown on Thursday 3 October 2013 | 21:02

KARANGANYAR–Jalan beraspal di Dusun Bolongan, Desa Kaliboto, Kecamatan Mojogedang mengalami kerusakan cukup parah yakni terbelah sepanjang lebih dari 10 meter tepat di tengah jalan tersebut. Lebar retakan tersebut nyaris seukuran ban kendaraan roda dua.
Warga setempat, Suparmi (53), mengutarakan kerusakan jalan yang berada persis di depan rumahnya tersebut sudah terjadi lebih dari setahun lamanya. Namun hingga kini kerusakan tersebut belum pernah diperbaiki. “Saya tidak tahu penyebabnya. Mungkin aspalnya kurang tebal sehingga tak kuat menahan beban kendaraan yang melintas,” ujarnya, Senin (18/2).
Pada malam hari kondisi jalan tersebut juga sangat gelap karena minimnya penerangan. Sehingga retakan jalan yang menganga itu membahayakan para pengguna jalan. “Dulu pernah ada pengendara sepeda motor yang terjatuh, mungkin karena roda depannya selip di retakan,” terangnya.
“Jika sudah malam dan terlebih turun hujan, pengendara motor pasti tak bisa melihat dengan jelas. Kiri dan kanan jalan itu memang ada beberapa rumah tetapi kosong, sehingga juga tidak ada lampu menyala,” tambahnya.
Sementara itu, Camat Mojogedang, Budi Supriyono mengutarakan untuk jalan terbelah tersebut sempat diperbaiki pada tahun 2011 lalu. Namun belum genap setahun aspalnya kembali rusak dan terbelah. Ia mengaku kerusakan jalan di wilayahnya juga terjadi di sejumlah titik, seperti aspalnya yang mengelupas dan berlubang.
Sementara, tahun ini Pemkab Karanganyar dipastikan hanya mampu memperbaiki 60 persen dari total jalan rusak yang ada. Pasalnya, anggaran yang disepakati DPRD dalam APBD 2013 hanya Rp 64 miliar, sementara untuk bisa memperbaiki jalan rusak semuanya butuh dana mencapai Rp 104 miliar.
Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Tri Haryadi, Senin (18/2). Menurutnya, dari total jalan sepanjang 871 km di Karanganyar, sekitar 52 km-nya dalam kategori rusak berat. Sedangkan untuk rusak sedang sekitar 100 km dan kategori rusak ringan 220 km. Terdapat lima dari 17 kecamatan yang jalannya berada dalam kondisi rusak berat. “Daerah kecamatan yang kondisi jalannya rusak berat yakni Kecamatan Gondangrejo, Kebakkramat, Mojogedang, Jatiyoso, dan Jumantono,” kata Tri Haryadi.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar, Priharyanto, saat dikonfirmasi enggan berkomentar banyak. Ia beralasan belum mengetahui jumlah total jalan yang mengalami kerusakan. Muhammad Ikhsan

sumber : harian joglosemar
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Radio Streaming

KUNJUNGI RADIO
Klik disini

Berita Video

Sambung Rasa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SEPUTAR MOJOGEDANG - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya